Untuk masyarakat yang tinggal di daerah Sumatera Barat pasti menyadari kalau Kode Awalan Plat Nomor mereka mempunyai awalan yang unik yang bisa di bentuk menjadi suatu kalimat atau makna tertentu. Tapi kebanyakan makna dan kalimat yang terbentuk hanya bisa di mengerti oleh Orang Sumatera Barat Saja. Hehe.

Tahu kenapa seperti itu ?

Ok, Mari coba kita analisa mengapa Plat dari Sumatera Barat bisa memiliki Makna2 Tertentu.

Plat dari Sumatera Barat memiliki awalan BA. Ternyata dengan awalan BA ini memiliki banyak arti tersendiri dalam bahasa Minang. Misal BA 84 JU. Plat ini kalau di jadikan suatu kata maka menjadi BA BA JU, dalam bahasa minang artinya memakai Baju atau lain sebagainya.

Begitu juga Plat no yang lain lagi misalnya BA 54 TU, Plat ini juga kalau disatukan maka akan memiliki kata BASATU yang mana artiya Bersatu atau menjadi satu.

Nah, terbayangkan bagaimana jika kombinasi angka lainnya jika di gabungkan dengan awalan BA membuat sebuah makna tertentu. Hehe..


Sejauh ini saya baru melihat beberapa plat dari BA yang memiliki makna-makna tertentu. contohnya seperti yang ada di bawah ini :

  1. BA 54 MO = BASAMO = BERSAMA
  2. BA 84 SO = BABASO = Ber Basa Basi
  3. BA 84 TU = BABATU = Memili Batu
  4. BA 54 KU = BASAKU = Memiliki Saku
  5. BA 64 YO = BAGAYO = Bergaya / Memiliki Gaya
  6. ………………………..
  7. Dan Lain Sebagainya..

Saya rasa masih banyak lagi kata-kata yang tersembunyi yang bisa dijadikan Plat No untuk kendaraan di Daerah Sumbar.
Bagi yang tahu atau ide lainnya mengenai kemungkinan plat no lainnya, boleh di bantu untuk share di comment di bawah ini ya.

READ  Saat ini PlayStore Support Sistem Bayar Via Pulsa

Siapa tau bermanfaat untuk teman-teman lain yang ingin memiliki plat no unik untuk daerah Sumatera Barat.

Keep Share..