Bounce Rate, Apa itu ?

Dalam web atau blog yang ada sekarang ini, ada istilah namanya Bounce Rate. Apa itu Bounce Rate dan Bagaimana pengaruhnya terhadap Website atau blog ?


Bagi yang sudah ahli mungkin sudah mengetahui apa itu Bounce Rate, tapi tidak ada salahnya juga saya share artikel yang menjelaskan tentang apa itu Bounce Rate.

Secara sederhana Bounce Rate adalah rasio presentasi berapa persen total pengunjung yang mengunjungi salah satu halaman web/blog anda yang beralih / atau tidak mengunjungi halaman lainnya. Jadi misal jika total pengunjung web anda dalam 1 minggu adalah 1.000 Orang (Saya bulatkan agar lebih mudah memahaminya), kemudian 200 orang tidak mengunjungi halaman lainnya / atau mereka menekan tombol back dari halaman blog anda setelah membaca artikel yang di cari nya.

Jadi dalam bahasa sederhana, 200 orang itu sejumlah 20% dari total pengunjung dalam 1 bulan yang meninggalkan blog / page dalam website anda setelah mereka mengunjunginya.

Pengunjung meninggalkan blog/website anda dalam kondisi berbagai macam hal, Misal :

  1. Terlalu banyak External Link.   Terlalu banyak menggunakan External Link sangat tidak bagus bagi performa blog anda. Karena ketika anda memasang external link, begitu pengunjung melihat link tersebut, maka mereka akan keluar dari blog anda sehingga blog tidak lagi di kunjungi oleh pengunjung.
  2. Loading Blog Rendah/Lambat. Cepat atau lambat suatu blog sangat berpengaruh juga terhadap bounce rate. Hal itu dikarenakan jika load suatu blog / website lambat, maka pengunjung akan bosan dan segera meninggalkan blog anda. Hal itu juga membuat Bounce Rate menjadi tinggi.
  3. Konten yang tidak berkualitas. Hal ini tentu saja menjadi faktor penentu terhadap Bounce Rate juga. Karena jika konten yang anda sajikan tidak bermanfaat, maka pengunjung pasti akan bosan dengan blog anda.
READ  Mengapa Tanggal Pada Postingan Blog Harus Di hilangkan

 

Sebenarnya bounce rate tidak berpengaruh besar terhadap blog anda, tergantung penggunaan blog itu seperti apa maksud dan fungsinya di buat. Jika blog anda di gunakan untuk Website Affiliate / Website iklan mungkin itu adalah suatu hal yang baik, karena pengujung pasti selalu meng klik iklan anda sehingga pengujung akan pergi dari blog anda menuju iklan yang di klik.

Jika demikian bounce rate pasti akan tinggi tapi di sisi lain anda mendapatkan keuntungan dari iklan yang di klik.

Jadi pengaruh Bounce rate untuk website anda tergantung dari sisi mana maksud anda membuat blog.

Semoga penjelasan sederhana di atas membantu ya.

SIlahkan share jika informasi ini bermanfaat bagi anda.