Periksa Berita Sebelum di Sebarkan

Saat ini dimasa – masa fitnah sering betebaran, alangkah baiknya kita selaku kustomer media sosial pandai-pandai memilah dan memilih karena kebanyakan dari masyarakat saat ini begitu mudah untuk menyebarkan suatu berita yang belum tentu kebenarannya. Apalagi berita tersebut berupa gossip atau suatu pernyataan yang besar akibat nya jika di share.


kadang Berita yang di share tersebut memiliki foto sebagai bukti pembenaran terhadap apa yang di beritakan, misal seperti yang baru-baru viral di media sosial tentang penculikan anak di duri atau pembantaian suatu kaum oleh kaum tertentu dan banyak lainnya. Tak jarang berita tersebut ditampilkan dengan suatu foto yang akan membuat suatu persepsi berita palsu yang terjadi betul-betul benar adanya


Oleh karena itu saya ingin berbagi tips mengenai Cara Mengenali Keaslian Sebuah Foto menggunakan Google. Google merupakan sebuah layanan yang yang kita ketahui sebagai layanan pencarian, selain itu Google juga bisa digunakan untuk menemukan Keaslian suatu Foto.

Maksudnya Keaslian suatu foto disini adalah jika kita melihat dalam suatu Berita yang menyebutkan kejadian tertentu dengan foto tertentu. Kita bisa mencari tahu apakah foto yang di sertakan dalam berita / artikel tersebut memang sesuai dengan kejadian yang di beritakan, bisa saja foto tersebut adalah foto kejadian lain atau peristiwa yang lain tapi di masukan kedalam Berita tersebut.

Maka disinilah peran dari Google Search Image.

Dengan menggunakan Google Search Image kita bisa mengetahui kapan sebenarnya Suatu foto tersebut di pubish di internet untuk pertama kali nya.

Caranya bagaimana ? Silahkan ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini :

  1. Save Foto dari Berita yang ingin anda ketahui kebenarannya. Caranya, Klik Kanan Foto Tersebut dan Pilih Save As.
  2. Kemudian Buka Website Google.com dan Pilih pencarian Images pada tombol sebelah kanan atas.
  3. Klik tanda foto pada kotak pencarian untuk melakukan pencarian gambar
  4. Setelah di klik, maka akan muncul dialog box baru dan masukan foto yang sudah kita download sebelumnya. Atau pencarian bisa dilakukan dengan menyertakan link dari foto yang ada.
  5. Setelah di masukan foto yang di inginkan, klik tombol search
  6. Maka akan tampil seluruh artikel yang memiliki foto yang sama dengan foto yang kita upload tadi.
READ  Apa itu Webmaster Tool dan Cara Verifikasi Blog/Website Ke Webmaster Tool [Video]

Kemudian, bagaimana cara mengetahui kalau Foto tersebut betul-betul asli atau sesuai dengan artikel yang di beritakan. Selanjutnya tinggal kita baca satu persatu artikel yang di tampilkan oleh google tersebut, jika artikel tersebut mengarahkan pada wacana yang lain, atau tidak sesuai dengan wacana artikel yang ingin kita periksa kebenarannya. Maka dapat di pastikan kalau Foto yang kita ingin cek pertama kali tadi adalah Hoax alias tidak benar.

Atau yang paling mudahnya adalah silahkan mencari artikel tertua dari daftar yang dikeluarkan oleh google berdasarkan foto yang di upload. karena semakin tua artikel yang ditampilkan dengan gambar yang sama, berarti itu lah gambar asli / awal yang sebenarnya.

Ok, bagaimana sobat. Sekarang sudah bisa membedakan atau memilah bukan suatu berita merupakan Hoax atau bukan.Jadi, budayakan untuk membaca dan menganalisa dahulu ya sebelum share berita tersebut. Be smart reader.

Jadi, demikian artikel tentang cara memeriksa keaslian foto di google. Silahkan share artikel ini ya supaya teman-teman yang lain dapat manfaatnya. Mari kita berantas peredaran berita-berita Hoax

Share..