Webmaster tool adalah layanan yang di buat oleh Google untuk para webmaster, yakni pemilik blog atau website. Dengan adanya Webmaster tool mempermudahkan owner blog untuk memaintan blog/website mereka. Webmaster tool menyediakan berbagai macam feature yang sangat berguna bagi pemilik blog, seperti Search Appearance, Search Traffic, Google Index dan Crawl.
Baiklah dalam postingan ini saya akan menjelaskan sedikit hal yang saya ketahui tentang fitur yang dimiliki oleh Webmaster Tool
 
1. Search Appearance
Dalam menu ini terdapat banyak fitur yang bisa di explore lebih lanjut yang berhubungan dengan fisik dari blog kita, seperti tampilan, link yang eror structure code dan lain sebagainya.
 
2. Search Traffic
Webmaster juga memiliki fitur untuk melihat statistik dari website/blog. Jika pada blogger sudah ada fitur tersediri, akan tetapi di webmaster pun juga memiliki fitur yang serupa dengan tambahan fitur-fitur lainnya
.
3. Google Index
Dalam menu ini terdapat beberapa fitur yang berhubungan dengan content yang berada dalam blog, seperti Index Status, Content Keyword, Blocked Resource, dan Remove URLS. Masing-masing fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengoptimasi konten yang ada di dalam blog.
 
4. Crawl
Dalam fitur inilah terdapat fitur yang berhubungan dengan sitemap yang berfungsi sebagai daftar isi dari blog yang di bangun/dikelola. Sehingga mesin pencari mudah untuk mengumpulkan daftar isi yang ada dalam suatu blog/website, selain itu terdapat juga fitur lainnya seperti Crawls Error, Crawls Stat dan lain sebagainya.
demikianlah penjelasan secara ringkas mengenai fitur-fitur yang terdapat dalam webmaster tool. Pemahaman dalam penggunaan fitur-fitur tersebut dapat mengoptimalkan blog yang dimiliki oleh seorang blogger.
 
Untuk pendaftaran blog/website ke Webmaster Tool, silahkan mengikuti video di bawah ini:
 
 
 

 

READ  Cara Cepat Mengetik 10 Jari dengan Cara Balapan