Mau Cek Saldo JHT BPJS / Jamsostek Gimana ?

Sekarang ini siapa yang tidak punya BPJS, apalagi karyawan. Yang belum punya pun di wajibkan oleh pemerintah untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan. Kalau dulu namanya Jamsostek. Bagi para karyawan Jamsostek ini termasuk salah satu komoponen yang di wajibkan untuk dimiliki, jadi kalau belum punya BPJS / Jamsostek Belum sah katanya jadi karyawan.

Mengenai JamSostek / BPJS JHT, sebenarnya mereka mengutip uang gaji dari Karyawan setiap bulannya sebesar 2 % persen. Total sebenarnya yang mereka kutip adalah 5.7% persen. Tapi itu di bagi dua. Jadi 2% persen karyawan yang bayarkan dan 3.7% persen Kantor yang berikan. Jadi lebih besar kantor yang bayarin sebenarnya

Jadi Uang yang sudah kita bayarkan itu bisa kita lihat jumlah saldonya, biasanya sih setiap tahun ada Surat resmi dari BPJS/ Jamsotek yang memberikan info Saldo yang sudah kita kumpulkan selama ini. Jadi itu hitungannya kumulatif. Saya dulu pernah beberapa kali pindah dari perusahaan swasta/kontrak. Setiap masuk kontrak baru tetap ngotot untuk minta BPJS/Jamsostek nya ngikuti dengan Kartu lama, alasannya ya agar saldo saya nggak ngulang dari awal lagi. Padahal ada teman-teman saya yang belum tahu sehingga mereka menggunakan kartu baru ketika kontrak yang baru juga. Kalau sistem nya begini berarti angsuran mereka di hitung dari awal lagi. Rugi dong.

Tapi kembali ke persoalan bagaimana cara melihat saldo jamsostek/bpjs JHT secara online. Untuk mengecek nya, yang perlu dilakukan adalah :

  1. Login Ke Website Jamsostek / BPJS di bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Input Username and Password Sesuai yang sudah anda daftarkan.
  3. Silahkan Pilih Menu Cek Saldo JHT
  4. Pilih No Kartu BPJS anda yang sudah tersedia dalam Kotak ini, setelah itu silahkan tekan tombol
  5. Pada Tahap ini Hasil dari Saldo yang telah anda kumpulkan pun bisa di lihat.. Untuk data-data di bawah sengaja saya sensor

        
READ  Saat ini PlayStore Support Sistem Bayar Via Pulsa

Mengenai pengambilan saldo ini biasanya bisa di ambil setelah anda akan pensiun, atau anda sudah tidak akan bekerja lagi. Tapi jika mau mengambil uang ini harus di fikirkan secara benar ya.

Ok, saya rasa itu saja langkah-langkah untuk Cara melihat saldo BPJS/Jamsostek JHT secara online. Sebenarnya Saldo BPJS JHT juga bisa di lihat menggunakan Android, tapi untuk cara ini di haruskan menginstall aplikasi. Jika ada waktu nanti saya bisa tunjukan lagi bagaimana cara melihat saldo BPJS JHT tersebut.

Jika informasi di atas ini bermanfaat bagi anda. Silahkan share untuk rekan-rekan yang lainnya.


Salam.