The Power of Remember

Para dokter heran akan kemampuan Jill Price, 42 , yg dapat mengingat segala sesuatu yg pernah ia alami secara mendetail semenjak ia berumur 14 tahun.

Dia mengambarkan hidupnya seperti layar TV yang terbagi dua sisi, sisi yg 1 adalah hidupnya yang sedang ia jalani kini dan sisi yang 1 lagi adalah detail masa lalunya yang terus diingatnya tanpa bisa ia lupakan.

Detail apa yg ia alami setiap hari semenjak thn 1980, jam berapa bangun, bertemu siapa saja, apa yg dilakukannya, apa yg dimakannya, lagu yg didengar, bau yang ia cium dan nama-nama tempat yang ia singgahi.

Sering dia tidak bisa tidur dgn apa yg ia alami, teringat akan segala kekeliruan-nya dalam mengambil suatu keputusan, teringat akan memori memalukan, teringat akan kisah yang menyedihkan, ini begitu menyiksanya selama bertahun-tahun. Sebagian kecil memori berdampak baik terhadap dirinya dan mampu menghangatkan suasana hatinya tapi sebagian besar terkadang membuatnya seperti orang gila.

Kondisi yang ia alami sangat jarang terjadi, para ahli menyebutnya dengan ‘hyperthymestic syndrome’ atau syndrom mengingat diatas nornal.

Jll Price, mengatakan memorinya bekerja secara lembur setelah keluarganya pindah ke Los Angeles ketika ia berumur 8 tahun dan semenjak usia 14 tahun dia mampu mengingat semuanya, segala sesuatu yang pernah ia alami secara mendetail.

Pada tahun 2000 dia diperiksa oleh seorang neuroscientist, Professor James McGaugh seorang ahli memori kelas dunia mengatakan bahwa;
“Memori Jll Price terlalu kuat, ini seperti memutar film dan tidak pernah bisa dihentikan”.
“Sebagian orang bilang ini sebuah anugerah, tapi aku pikir ini adalah kutukan” ujarnya

“Kamu bisa mengetesnya dengan menyebutkan tanggal, bulan dan tahun yang telah terlewati secara acak dan dalam sekejap dia bisa menuturkan hari itu hari apa, apa yg dia lakukan, apa yang ia makan..dan seterusnya, dia menuturkan apa yang ia alami detik demi detik.

READ  Hati Hati Terhadap Anak staples dalam bungkus makanan

Jll Price, menulis pengalamannya dan kemampuannya dalam sebuah buku; The Woman Who Can’t Forget.
Professor McGaugh mengatakan ada sekitar 5 orang di dunia ini yang kemampuannya mirip dengan Jll Price, dan setelah di scan menggunakan MRI Scan bentuk otaknya sedikit berbeda dengan manusia lain pada umumnya.

Ada jg ya orang mengalami hal seperti itu.. ternyata kita patut bersyukur dengan keterbatasan kita, coba bayangin kalo kita mengalami hal seperti wanita ini.

diterjemahkan oleh Phil0s0phia dari :