Ini salah satu teknik paling kuno dalam ilmu melatih ingatan. Namun siapa yang bisa mengatakan bahwa kedisplinan tidak memberi pengaruh apapun pada kemampuan anda dalam mengingat. Disiplin dalam melakukan suatu kegiatan, disiplin dalam meletakkan barang-barang di tempat tertentu, sampai disiplin ketika melepas sepatu anda sepulang kerja, semuanya adalah tindakan nyata melawan lupa.
Jika selama ini ada sering lupa meletakkan kunci mobil (padahal waktu itu anda benar-benar harus berangkat ke kantor), jika anda sering lupa di mana anda meletakkan jam tangan tangan, jika anda sering meninggalkan dokumen-dokumen penting di kantor yang seharusnya anda bawa pulang ke rumah, mungkin itu pertanda bahwa anda sering tidak disiplin.
Hal-hal sederhana seperti meletakkan pemotong kuku pada tempatnya, meletakkan pisau cukur di dekat cermin, meletakkan arloji, handphone, dan kunci mobil di satu tempat di mana akan memudahkan anda dalam mencari kembali barang-barang tersebut ketika diperlukan. Coba anda pikirkan, berapa banyak waktu yang sering anda habiskan hanya untuk mencari di mana anda meletakkan kunci motor/mobil semalam, padahal anda harus segera berangkat kerja?.
Membentuk kebiasaan baik dengan disiplin dalam meletakkan semua barang di tempatnya akan banyak membantu kehidupan anda sehari-hari. Kedisiplinan itu akan membantu anda melawan lupa dan kepikunan. Jadi, jika anda sekarang sadar, bahwa ada cara yang sangat mudah untuk memerangi kebiasaan “lupa” yang menjangkiti anda seumur hidup, mengapa anda tidak mulai berlatih dari sekarang?. Ingat bahwa tidak ada perubahan besar tanpa perubahan kecil.
Mulailah lakukan beberapa kebiasaan yang baik dalam hidup anda. Mulailah untuk tidak mengandalkan orang lain setiap kali anda mencari barang (dimana anda sendiri yang menghilangkan barang itu). Rasa-rasanya tidak lucu bahwa ada “pertengkaran” di pagi hari yang disebabkan oleh hal-hal sepele semacam “melupakan kunci mobil”?. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, anda bisa memulai membiasakanbeberapa hal berikut:

  1. Sepulang kerja/aktifitas, letakkan sepatu anda di tempat yang seharusnya (jika anda tidak punya rak sepatu, letakkanlah dimana “mayoritas” sepatu anda berjejer parkir.
  2. Letakkan tas anda di tempat yang mudah terlihat dan letakkanlah selalu di tempat itu. Ini bisa jadi membuat anda sangat malas. Mungkin biasanya anda membanting tas ke mana saja anda suka, tapi pecayalah bahwa kebiasaan baik ini akan membawa hasil yang sepadan.
  3. Letakkanlah jam tangan, handphone, kacamata, atau dompet anda di satu tempat. Jika ada meja khusus atau tempat khusus akan lebih baik. Sering sekali ada saatnya anda begitu sangat malas untuk mengembalikan barang-barang seperti handphone, ketika suatu waktu ada yang menelpon anda ketika anda menonton tivi. Jika anda sudah berbaring di depan tivi dan tidak lagi menggunakan handphone, anda pasti akan sangat malas untuk bangkit berdiri dan mengembalikan ke tempat asalnya.
  4. Selalu cek kantong/tas anda sebelum berangkat beraktifitas. Apakah semua barang-barang sudah anda bawa?. Apakah meja tempat di mana anda meletakkan barang-barang tersebut sudah kosong? (bukankah mudah melakukan hal ini?).
READ  7 Cara Sehat Bekerja di Depan Komputer

Perhatikan diri anda selama seminggu ini. Apakah ada perubahan yang terjadi pada kemampuan anda dalam berkonsentrasi dan mengingat?. Percayakah anda bahwa ketidakdisiplinan anda adalah salah satu ciri bahwa anda kurang fokus dan cermat dalam melakukan sesuatu. Dengan melatih kebiasaan sederhana ini, anda secara tidak sadar akan melatih fokus dan kecermatan. Dan memiliki fokus dan kecermatan adalah modal untuk melatih daya ingat anda. Perhatikanlah seberapa besar perubahan anda.

Sumber : Mnemonik