Apa anda pernah lupa bagaimana caranya memakai baju?, apakah anda pernah lupa bagaimana caranya mandi, menulis, membaca, bercukur, makan dan sebagainya?. Jika anda pernah makan dan bingung kemana anda harus memasukkan makanan itu, ke mulut atau hidung, anda mungkin perlu memeriksakan diri anda ke dokter. Jelas ada yang salah dengan diri anda. Jika anda lupa bagaimana cara memakai baju, apakah anda harus mulai dari kaki, kepala atau tangan terlebih dahulu, maka mungkin anda benar-benar butuh pertolongan seorang ahli (kecuali jika anda kebetulan baju yang anda pakai adalah baju khusus yang harus menggunakan teknik tertentu dalam memakainya).
Semua kegiatan di atas adalah kegiatan yang sudah umum anda lakukan. Setiap hari anda tidak akan terlepas dari kegiatan semacam itu. Mengapa anda tidak lupa bagaimana cara memakai baju?. Jawabannya adalah karena sebelumnya anda pernah memakai baju dan anda sudah belajar memakai baju. Anda melakukan kegiatan itu berulang-ulang dan membentuk kebiasaan. Kebiasaan ini yang menjadikan anda selalu mengingat aktifitas tersebut.
Selama anda masih bisa mengingat semua kegiatan itu dengan baik, artinya ingatan anda masih baik-baik saja. Pikiran anda sehat dan anda tidak perlu memeriksakan diri ke dokter/ahli. Anda baik-baik saja, anda sehat dan tidak ada yang salah dengan diri anda. Jika ada beberapa hal dari diri anda yang membuat anda berfikir pantas untuk disebut “pelupa”, maka satu-satunya yang harus dilakukan adalah memikirkan bagaimana cara memperbaiki ingatan anda.
Apakah ingatan bisa diperbaiki?. Tentu saja bisa. Otak itu konon seperti otot. Dia bisa dibentuk dan dilatih. Dia bisa diperkuat dan diperbesar kemampuannya (tentu bukan memperbesar ukuran kepala anda). Ingatan yang baik pada dasarnya adalah ingatan yang terlatih dengan baik. Orang-orang dengan kemampuan luar biasa dalam hal mengingat/menghafal adalah orang-orang yang selalu melatih kemampuan mereka. Hanya bedanya, ada yang melakukannya secara sadar dan ada yang melakukannya secara tidak sadar.
Jika anda bertemu dengan seseorang yang anda tahu bahwa orang tersebut memiliki kemampuan yang baik dalam mengingat sesuatu, anda bisa belajar banyak darinya. Sayangnya, kebanyakan orang juga tidak sadar bahwa mereka selalu melatih kemampuan pikiran (daya ingatnya). Sehingga jika anda bertanya tentang bagaimana rahasianya. Orang seperti ini akan mengatakan bahwa dia tidak tahu, tidak ada rahasia. Itu bakat, dan bawaan sejak lahir (seakan secara tidak langsung mengatakan bahwa anda sangat tidak berbakat).
Daya ingat seringkali dikaitkan dengan kecerdasan dan kepintaran. Sehingga orang-orang yang belum mengerti bagaimana cara melatih ingatan mereka, disimbolkan sebagai seorang yang memiliki kekurangan. Orang seperti ini sering dianggap bodoh, dikucilkan dan dianggap “tidak berbakat”. Percayalah bahwa semua adalah soal bagaimana berlatih dan belajar dengan serius (untuk mengembangkan kemampuan berfikir dan mengingat).
Yakinkan dulu diri anda bahwa anda baik-baik saja, dan mulailah berlatih dengan riang gembira…

READ  Melatih Ingatan Dengan Disiplin

Sumber : Mnemonik