Jam 9 janjinya, tapi jam 9 lewat pelaksanaannya. Begitu lah negara ku, sudah ku maklumi hal yang seperti ini biasa di negeri ini. Memang rasanya juga bukan karena kesalahan panitia penyelenggara nya. Akan tetapi mungkin karena mereka ingin menunggu agar peserta pelatihan untuk datang semua terlebih dahulu sebelum memulai pelatihannya.

Oh iya, hari ini adalah hari ke 14 pelatihan mengenai rambu rambu lalu lintas. Pertemuan wajib yang harus di ikuti oleh peserta belajar setir mobil agar dapat menyelesaikan pelatihan setir mobilnya. Mungkin pertemuan yang sepele untuk beberapa orang tapi bagiku pertemuan ini menambah pengalaman juga, karena selain di beritahu tentang rambu-rambu jalan raya berikut tentang pengenalan terhadap mobil, maklum biasanya cuma tahu tinggal makai doang. Hahahah..
Dari penjelasan yang diberikan oleh sang instrukstur tadi, ada beberapa hal yang aku ingat dan berguna juga untukku. Dia menjelaskan tentang tata cara berkendara dengan menggunakan kendaraan roda empat. Setelah menjelaskan mengenai rambu2 yang berada di papan rambu-rambu selanjutnya sang instruktur memberi tahu tips untuk memulai berkendara.


1. Perhatikan surat2 Kelengkapan terlebih dahulu.
Kalau cuma ada sim C, jangan bawa mobil artinya sama saja tidak punya sim. Begitu juga kalau adanya cuma sim A, jangan juga bawa motor. Dan kalaupun sim nya sudah invalid, berarti sama saja denga tidak punya sim. hahaha

2. Perhatikan Kondisi fisik pengemudi.
Jangan mengemudi dalam keadaan mengantuk atau di pengaruhi dengan obat-obatan. (Awas, nanti kejadian seperti tugu tani loh)

3. Perhatikan Kondisi Fisik mobilnya.
-. Lihat bannya.
-. pastikan lampunya menyala semua.
-. Pastikan rem nya tidak blong.
-. Dan terakhir, pastikan minyaknya ada. (ya kalau nggak ada gimana bisa jalan. :P)

Setelah menjelaskan secara singkat mengenai hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum berkendara, instruktur pun mengajak kami ke dalam mobil untuk memperhatikan apa-apa saja yang perlu di perhatikan untuk perawatan mobil. Sempat ragu juga sih, pesertanya ada banyak tapi mobilnya cuma 1 dan instruktur pun cuma ada 1. Tapi dengan bergantian akhirnya semua bisa juga untuk dapat pengajaran.

READ  Beijing, Owe Coming !!! (1)

Pertama-tama instruktur memberi tahu cara membuka kap mobil(bener nggak ya tulisannya ^_^) Setelah itu instruktur memperkenalkan apa saja bagian2 yang perlu di rawat oleh pemilik mobil (ingat ya cuma perawatan, kalau uda rusak masukin ke bengkel saja, kecuali anda juga merangkap sebagai tukang bengkel. haha). Ada beberapa yang di jelaskan oleh instruktur tadi, dan apa yang saya buat hanya beberapa yang bisa saya ingat, jika ada kekurangan atau kesalahan mungkin teman-teman bisa membantu saya. Oke, masing2nya adalah :

1. Air radiator.
Air ini tidak boleh kering, fungsinya untuk menjaga agar mesin tidak panas. Biasanya untuk mobil baru air ini bisa di isi setiap 1 kali seminggu, sedangkan untuk mobil-mobil tua biasanya setiap sekali dalam dua hari sudah harus di isi kembali. Bisa diisi dengan air kran atau air sumur, tapi kalau mau mewahan dikit bisa juga diisi dengan air AQUA..

2. Oli.
Oli ini digunakan untuk melumasi mesin-mesin mobil, fungsinya agar mesin-mesin mobil agar tidak aus. Biasanya untuk mobil-mobil seperti avanza dan xenia tangki tempat pengisian oli-nya sebesar 3 liter. Sedangkan untuk mobil-mobil seperti Terios, Rush, dll tangki pengisian olinya ada 4 liter. Untuk mememeriksanya bisa kita lihat pada alat pemeriksanya tersendiri, jadi jika kurang kita bisa mengisi sesuai dengan berapa kekurangnanya itu.

3. Minyak Rem.
Fungsinya sudah tahu kan, untuk me-ngerem mobil tentunya. Gejalanya jika kekurangan minyak rem biasanya ketika mulai menekan pedal rem akan terasa jauh ke dalam. Tandanya kemungkinan minyak rem nya sudah habis.

4. Air Aki (Air Baterai).
Air ini juga berguna untuk kelangsungan hidup suatu mobil, terutama yang berhubungan dengan addon addon mobil (hahah, istilah komputer). Biasanya untuk menghidupkan TV, AC, Starter Awal, dll yang berhubungan dengan kelistrikan. Jika kurang, yah biasanya mobil harus di dorong supaya hidup, bukan di starter lagi. hihihi.

5. Air Wipper
Fungsinya cuma untuk membersihkan kaca saja.

Sesudah menjelaskan isi-isi yang umum untuk perawatan mesin mobil, instruktur pun membawa kami untuk melihat apa-apa saja yang ada di dalam dashbord mobil. Mulailah instruktur menjelaskan satu-satu lampu apa saja yang ada di dashbord mobil itu. Dulu aku belum tahu juga apa fungsi-fungsi itu, tahu nya cuma makai doang(Hahaha). Dan berikut adalah beberapa lampu-lampu atau tanda di dashbord mobil yang aku ingat, jika salah atau ada kekurangan mohon ditambahin saja.

READ  Menyehatkan Badan di Hapanasan Wisata Air Panas Pasir Pengaraian

1. Ampere Temperatur
Fungsinya untuk melihat seberapa panas kah mesin mobil. Normalnya ampere ini akan menunjukan pada posisi setengah dari ampere tersebut, Berarti mesin mobil dalam keadaan normal. Jika ampere ini sudah menunjukan ke kondisi yang panas, sebaiknya berhenti dahulu dan kemudian cek air radiator apakah habis atau masih ada. Kerugian yang diakibatkannya bisa fatal, biasanya jika ampere sudah menunjukan posisi panas tetapi mobil masih kita bawa terus, akibatnya akan muncul asap dari mesin mobil (Seperti yang biasa di lihat di tivi2).

2. Penanda Oli.

3. Rem Tangan

4. Lampu Baterei


Dari kesemua lampu-lampu yang ada di dashbord tersebut, akan menyala ketika kunci mobil kita switch ke posisi on, tetapi akan mati ketika mobil sudah kita starter atau kita hidup kan mesinnya. Jika lampunya masih menyala ketika mobil sudah kita starter, berarti ada masalah dengan mesin sesuai dengan lampu yang hidup.

Akhirnya aku jadi mengetahui sedikit banyaknya mengenai bagian-bagian dari mobil walaupun tidak seluruhnya (kalau tahu seluruhnya, jadi tukang bengkel saja lagi. Hahah). Disamping itu yang perlu di perhatikan sebeneranya adalah sikap kita dalam berkendara di jalan umum. Bagaimana kita seharusnya berhati-hati dan tidak ceroboh dalam berkendara merupakan kunci awal dari kesalamatan kita sendiri. Selain itu yang harus kita perhatikan adalah doa didalam berkendara, karena untuk segalanya juga kita pasrahkan jua kepada ALLAH. Karena walaupun kita sudah berhati-hati dalam berkendara, tetapi kita tidak tahu bagaimana kelanjutannya. Heheh..
Ok, saya rasa cukup sampai disini penjelasan atau tips dari saya. Mudah-mudahan bermanfaat dan jika ada salah kata atau salah tips di atas, tolong salah kan saja instruktur saya yah, soalnya saya copas dari apa yang saya ingat dari dia (Hahahahha, lempar batu sembunyi tangan).