Cerita ini tentang liburan dadakan yang diadakan bersama dengan teman-teman baru. Teman-teman baru ini pun baru kenal juga di tempat yang kami tuju. Nama tempatnya Air Terjun Aek Matuo.

Jadi liburan kali ini di beri nama Liburan ke Tempat Air Terjun Tujuh Tingkat Aek Matuo di Pasir Pangaraian.

Kepanjangan nggak judul nya ?

Sepertinya nggak terlalu panjang dah, kalau terlalu panjang haram di maklumin saja. Awal cerita ingin ke tempat liburan ini karena sudah lama nggak ngerasain yang namanya camping.

Kebetulan dah sewaktu itu ada teman yang ngajakin, langsung di iyakan. Karena udah kebayang gimana senangnya camping lagi. Apalagi rutinitas kerja sekarang Cuma duduk di depan Komputer doang, jadi agak ngebosanin.

Ya udah deh, ngatur jadwal dan lengkapin beberapa peralatan akhirnya berangkat.

Berangkatnya pake apa ? rupanya pake motor bro. Lumayan dari Pekanbaru sampai ke Pasir Pangaraian sekitar 9 jam an lah. Apalagi kami naik motor semua. Ada suka dan dukanya kalau adventure naik motor, yang pasti resiko kecelakaan di jalan pasti ada.

Mengenai kecelakaan di jalan ini, nanti di akhir artikel gimana ceritanya.. 😀

 

#Lokasi Air Terjun Aek Matuo Pasir Pangaraian

Mengenai lokasinya, kamu bisa cek di google map seperti dibawah ini. Anggap saja kalau kamu itu adalah pendatang dari luar daerah pekanbaru dan baru tiba di kota ini melalui bandara

Jadi rutenya kira-kira seperti di bawah ini

Nah, sudah keliatan kan ? jadi kira-kira seperti itu lah jarak dari Bandara Pekanbaru ke Air Terjun Aek Matuo

 

#Transportasi Menuju Aek Matuo

Kalau sekarang ini sepertinya belum ada travel khusus yang mengakut turis atau wisatawan langsung menuju air terjun ini. Tidak seperti tempat wisata lainnya

READ  Hanting Express Beijing, Hotel Nyaman dan Murah untuk Wisatawan Manca Negara

Jadi kalau kamu dari luar kota dan ingin ke tempat ini, kamu bisa sewa mobil atau motor yang ada di Kota Pekanbaru dan berangkat menuju kesana, atau jika ingin menggunakan transportasi umum, sepertinya ada minibus dari kota Pekanbaru yang menuju ke pasir pangaraian dan disana kamu bisa menggunakan jasa ojek warga setempat untuk sampai ke tempat tujuan

 

#Penginapan di Sekitar Aek Matuo

Nah, ini dia. Kalau mengenai penginapan sewaktu saya dan teman-teman kesana itu nggak nginap di hotel atau sejenisnya. Tapi kami menginap di rumah salah satu saudara dari teman yang ikutan.

Tapi setelah saya searching di google sepertinya ada tuh penginapan di sekitar Aek Matuo. Ini dia ada dua yang saya liat

  1. Sapadia Hotel
  2. Hotel Pasir Indah

Rekan-rekan sekalian bisa check in disana untuk berwisata ke Aek Matuo

Sebenarnya kami menginap di rumah salah seorang teman itu hanya untuk bermalam saja, karena berangkat dari Pekanbaru sangat jauh dan tiba disana udah kemalaman.

Jadi nggak mungkin masuk langsung ke dalam hutan untuk camping

Jadi alternatif nya nginap dulu semalam di situ, paginya baru masuk ke hutan.

 

#Kendaraan Masuk ke Dalam Hutan Bagaimana ?

Seperti yang udah saya sebutkan sebelumnya, kendaraan memang agak susah masuk kedalam. Yang bisa Cuma motor

Itu pun nanti juga di tinggal agak jauhan dari lokasi, karena nggak bisa lagi motor itu masuk

Jadi alternatifnya sih numpang aja sama penduduk lokal disana untuk masuk kedalam. Pasti mereka mau apalagi kalau di bayar.. #mintaDiGeplek

#Kalau Mau Camping Bagaimana Kondisinya ?

Nah, kalau yang satu ini nih informasi yang paling di tunggu. Jadi kalau mau camping bisa di dekat lokasi air terjun, ada area cukup luas yang bisa dijadikan tempat untuk tenda disana

READ  Ekspedisi Perdana di Pulau Rupat

Estimasi mungkin bisa sekitar 10 tenda di bangun dah.

Jadi kalau mau rame-rame juga lebih enak euy.

 

#Spot Berfoto dimana saja ?

Hha, mengenai spot ini sepertinya yang paling wajib bagi para adventure. Karena kalau nggak foto nggak afdhal sepertinya jalan kemana-mana.

Yah, boleh di bilang disini banyak spot foto nya.

Air terjun nya ini bertingkat-tingkat, jadi kamu boleh milih lokasi mana yang kamu mau.

Cobain deh liat koleksi foto-foto yang udah kami dapat ini.

 

Oke deh,  sepertinya cukup itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai informasi wisata Air Terjun Aek Matuo yang ada di Pasir Pangaraian Riau ini.

Bagi rekan-rekan sekalian yang ingin berpetualang kesini, jangan lupa siapkan kondisi fisik yang prima. Karena jalan masuk kedalam nya lumayan agak jauh.