Hi sobat blogger sekalian, seperti yang kita ketahui saat ini begitu banyak website atau blog yang berada di internet.

Setiap harinya pasti sobat ada membaca artikel atau sesuatu dari internet. Baik berupa berita, gossip, politik atau info mengenai seputar games.

Tetapi ada nggak sesuatu yang sobat sekalian bandingkan ketika membuka suatu halaman website yang satu dengan website yang lainnya ketika sobat membaca berita atau artikel di website tersebut, ya kebanyakan pasti mengatakan cepat atau lambat nya load suatu halaman dari website yang ingin kita baca/lihat tersebut.


Untuk itu mari kita coba ukur kecepatan dari masing-masing website tersebut dengan menggunakan aplikasi bawaan dari google yaitu Page Speed Insight.

Langkah-Langkah menggunakan Page Speed Insight
1. Input atau masukan nama blog/website yang ingin di periksa kecepatannya.
2. Setelah itu tekan tombol Analys untuk memulai analisa mengenai blog/website tersebut.

3. Kemudian sobat sekalian akan melihat hasil analisa dari Perangkat Selular / Desktop.


Dari hasil yang di dapat jika hasilnya adalah 75/100 berarti blog sobat tergolong normal. Tetapi jika kecepatan blog/websitenya di bawah 75/100, berarti blog sobat di kategorikan blog yang berat loading halamannya. Sedangkan jika kecepatan blognya adalah di atas 75/100, berarti blog tersebut dikategorikan sangat cepat.

Untuk hal itu, saya ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengoptimasi agar loading blog sobat menjadi lebih ringan.
1. Sobat bisa mengurangi gadget dan aksesoris di blog/website tersebut. Karena logikanya makin banyak semakin berat.
2. Mencoba lebih mengoptimaklan penggunaan SEO yang lebih friendly di blog sobat tersebut.

3. Mencari template blog yang Fast Loading dan friendly.

READ  Apa itu Webmaster Tool dan Cara Verifikasi Blog/Website Ke Webmaster Tool [Video]
Saya rasa demikian tips dan trik yang bisa saya bagi untuk mengoptimalkan kinerja dari blog-blog sobat, untuk versi video nya akan segera menyusul
salam