Bagaimana Melihat Perangkat Lain Yang Terhubung di Akun GMAIL ?

Terkadang jika akun gmail sudah login kemana-mana menggunakan perangkat yang berbeda, timbul kekawatiran kalau akun tersebut nantinya bisa di ketahui oleh orang lain password atau isinya.


Misalnya karena kehabisan baterai kemudian minjam handphone/gadget teman untuk login menggunakan akun gmail pribadi kita untuk bermain game atau untuk mengirim email atau semisalnya.

Kemudian setelah selesai tinggal log out begitu saja dari handphone teman tersebut dan kemudian permasalahan selesai sudah. Tapi perlu di ingat, terkadang kita juga lupa logout dari handphone/gadget yang kita pinjam sebelumnya, sehingga akun kita tersebut masih bisa di lihat oleh teman yang gadget/handphone nya kita pinjam sebelumnya.
Hal ini sebenarnya juga menimbulkan sedikit kekawatiran apalagi jika akun gmail yang kita gunakan merupakan akun pribadi yang juga menympan informasi-informasi penting seperti tagihan bank dan lain sebagainya. Untuk itu kita mesti waspada penggunaan akun gmail tersebut jangan sampai jatuh pada orang yang salah.
Berikut ini ada cara yang bisa digunakan untuk memantau apakah akun gmail kita masih digunakan pada perangkat/device yang kita kenali atau tidak.
  • Log in ke http://security.google.com
  • Input User Name and Password sesuai dengan akun anda
  • Kemudian pilih menu device activity & Notification
  • Jika sudah, maka akan tampil list dari device yang sudah terkoneksi ke akun gmail kita. Terlihat dari gambar di bawah ini bahwa akun gmail saya terhubung ke 2 perangkat saja, yang pertama adalah Laptop saya yang menggunakan Windows 8 kemudian handphone saya sony xperia
Jika terlihat dari report device yang ditampilkan oleh security google di atas, maka tampak bahwa akun gmail saya saat ini masih dalam penggunaan yang normal. 2 Device diatas masih saya ketahui keabsahannya dikarenakan2 perangkat tersebut adalah milik saya sendiri.
Jadi jika sobat sekalian sudah mencoba untuk menguji dengan cara yang di atas, dan ternyata dalam list perangkat tersebut ada device yang tidak kamu kenali, maka kamu wajib waspada. Dikarenakan device tersebut sudah terhubung dengan akun gmail yang kamu miliki.
Saran saya untuk kasus seperti di atas agar kamu bisa mengganti password dari gmail sesegera mungkin.
READ  Cara mengatasi agar menu menu telkomsel Billing Account muncul di Playstore