Pertanyaan ini terkadang muncul dalam fikiran ku, apakah ada seseorang yang ahli dalam semua bidang ilmu pengetahuan. Jika ia suka dalam ilmu komputer apakah ia juga ahli dalam ilmu ekonomi, kemudian apakah dia juga ahli dalam ilmu matematika dan sipil dan seterusnya. Yang adalam fikiranku adalah antara bisa dan pasti bisa, hanya saja untuk melihat kepada diriku sendiri aku rasa kapasitas kemampuanku belum bisa untuk mencapai kemampuan seperti itu.

Seperti saat sekarang ini, kondisi pekerjaan menuntut aku agar lebih banyak memahami tentang ilmu di bidang listrik, sedangkan untuk basik dalam ilmu kelistrikan sedikit banyak yang masih aku ketahui. Tapi setelah mencoba membaca buku tentang kelistrikan aku rasakan aku dapat memahami tentang listrik. Sehingga timbul dalam fikiranku apakah manusia itu bisa menguasai berbagai disiplin ilmu dalam kehidupannya ?
Tapi ketika melihat sejarah orang-orang terdahulu mengenai kehidupan mereka, ada dari mereka yang bisa menguasai berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Hal tersebut tidak terlalu sulit bagi mereka. Kemungkinan hal kenapa mereka bisa melakukan hal itu adalah mengenai faktor kebiasaan dari masing-masing manusia.
Aku rasa untuk melatih kebiasaan ini diperlukan waktu yang tidak sedikit, karena sesuatu yang biasa perlu dilakukan berulang-ulang dan dengan penuh konsisten. Bisa karena bisa dan tak bisa karena tak biasa. sesederhana itu saja. 
Oleh karena itu untuk jika ada orang yang ingin bisa ahli dalam segala bidang ilmu pengetahuan, aku rasa saran satu-satunya adalah terus tetap mencoba dan jangan menyerah dengan rintangan yang di hadapi. Meskipun dalam perjalanan kedepannya untuk melatih diri dalam melakukan kebiasaan kebiasaan yang baik itu sangatlah sulit, akan tetapi jika dilakukan terus menerus dan dengan konsisten yang sungguh-sungguh, diharapkan kesulitan itu akan dapat di atas pada akhirnya.
Mungkin tulisan di atas hanya iseng buah fikiran dari saya mengenai bingungnya tentang kapasitas manusia dalam memahami ilmu pengetahuan. Jika ada tambahan atau nasihat dari rekan-rekan sekalian silahkah di komentari dalam comment di bawah ini.
READ  Merasa Bodoh Setelah Bekerja