Sebelumnya sempat berfikir bagaimana caranya supaya bisa lebih aktif dalam menulis, karena sebenarnya sadar bahwa menulis itu bermanfaat. Tapi dikarenakan sifat umum yang dimiliki setiap orang, yaitu malas, jadinya masih menunda-nunda untuk menulis.

Jadi untuk memberi motivasi kepada diri sendiri, tadi sempat review beberapa tips dari bloger bloger lain tentang bagaimana tips dan trik agar lebih aktif dalam menulis. Jadi isi artikel di bawah ini merupakan summary dari rekan-rekan blogger lainnya beserta tambahan dari saya sendiri.
  • Buat blog terlebih dahulu, dikarenakan saat ini adalah zaman digital dan semua tulisan sebaiknya kita dokumentasikan juga secara digital. Sebenarnya terserah bagi masing-masing kita mau nulis dimana, tapi sebaiknya di tulis dalam bentuk digital/bukan dalam bentuk tulisan tangan.
  • Pilih platform blog yang anda suka, walaupun bisa saja kita menulis dan menyimpan dalam file word. Tapi lebih bagus jika artikel tersebut kita posting di dalam blog/platform lainnya. Selain hal itu bermanfaat untuk diri sendiri sebagai diary dokumentasi, siapa tau artikel tersebut juga berguna bagi orang lain yang memiliki minat/keperluan yang sama.
  • Tulis Segera, jangan lupa untuk segera menulis bahan yang ingin kita postingkan kedalam blog. Hal ini dikarenakan jika kita tidak segera menulisnya, bahan tersebut akan hilang dikarenakan lupa. Dan jangan lupa untuk membawa pena/bollpoint kemana-mana supaya jika ketika ada ide untuk menuliskan sesuatu, kita bisa menulis sementara pada buku catatan, dan nanti jika sudah ada koneksi internet atau laptop bisa segera di pindahkan ke blog. Mengingat penyakit utama seluruh manusia adalah pelupa dan malas, maka alangkah baiknya jika ketika ada ide langsung di upload di blog saja.
  • Jangan Terlalu Pedulikan Tata Bahasa :┬áTerkadang bagi penulis pemula ketika ingin menulis sesuatu, momok pertama yang difikirkannya adalah apakah tulisan saya ini sudah sesuai atau belum, tata bahasanya sudah mengikuti kaidah yang benar atau belum, apakah tulisan saya ini nantinya tidak ditertawakan oleh orang lain dan sebagai alasan lainnya. Menurut saya, kesalahan dalam penulisan blog adalah hal yang biasa, apalagi bagi blogger pemula. Blog adalah wadah bagi blogger untuk menyampaikan unek-unek atau hal-hal bermanfaat lainnya, jadi terkadang penulisannya pun masih sebatas memberikan informasi bagi pembaca dengan tujuan maksud dari pemilik blogger tersampaikan. kadang kala dalam menuliskan artikel di blog, blogger hanya ingin menyampaikan maksud dan tujuan nya saja tanpa memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benarnya. Tapi seiring berjalannya waktu dipastikan bahwa tulisan blogger pasti akan semakin baik dan kesalahan dalam penulisan artikel bisa dikurangi.
  • Tidak ada Juri : Dalam blogging, jangan terlalu mengkhawatirkan tentang pendapat atau komentar dari orang lain, dan begitupun jika ada komentar dari blogger lain mengenai artikel yang sudah kita posting, jadikan saja itu sebagai penyemangat agar lebih baik ke depannya. Lagian dalam blogging tidak ada juri/editor yang akan memberikan punishment bagi blog anda jika artikel yang di posting tidak sesuai tata bahasanya, tapi yang jelas pastikan saja artikel yang di posting memiliki maksud dan tujuan yang jelas ya dan tidak mengandung unsur sara, karena dikhawatirkan nantinya kalau posting artikel mengandung sara malahan kamu bisa di rumahkan juga, dirumahkan di penjara maksudnya. Hha.
  • Istiqamah : Yang terpenting dalam blogging adalah tetap istiqamah atau terus menerus, kenapa saya katakan demikian. Hal ini sebenarnya sangat berkaitan, dikarenakan jika aktifitas menulis hanya sekedar iseng sekali seminggu mungkin di khawatirkan semangat untuk menulis atau kemampuan menulis akan menghilang dengan sendirinya. Hal itu terjadi karena habbit/kebbiasaan untuk menulis jadi berkurang, sehingga menulis tidak menjadi keahlian. Jadi yang terpenting adalah tetap istiqamah dalam menulis.
Ok, mungkin cukup sekian tips dan trik dari saya yang telah dikutip dari berbagai ahlinya di internet. Dari sekian tips di atas yang paling terpenting adalah Take Action, karena sebanyak apapun tips yang didapat jika tidak dikerjakan tidak ada gunanya.
Ok bray, see u in next Article.
READ  Cara Seleksi Objek Pada Sebuah Image Menggunakan Photosop