Pernah nggak anda merasa kok setelah bekerja aku jadi bodoh ya, atau pernah punya perasaan dulu sewaktu masih kuliah aku masih bisa lah mengingat, atau juga pernah berfikir ketika melihat suatu problem yang dahulu sewaktu masih kuliah atau sekolah problem tersebut bisa dan sangat mudah malahan untuk kita selesaikan ? Kalau pernah berarti kita sama.

Perasaan itu memang akan selalu muncul untuk orang yang sudah bekerja setelah tamat kuliah/sekolah. Hal itu dikarenakan setelah kita bekerja, maka ada suatu perubahan atau pola yang berubah bagi masing-masing orang. Kebanyakan karena mereka berfikir “Wah, gw udah kerja nih sekarang, jadi gw nggak perlu belajar lagi” atau kita pernah mendengar orang-orang mengatakan “ngapain belajar lagi, udah capek 9 tahun belajar, trus ditambah 3 atau 4 tahun kuliah, sekarang kan udah kerja, jadi nggak perlu belajar lagi” saya yakin, pasti anda pernah mendengar orang-orang yang seperti itu kan ?
Hal itu memang wajar, karena bagi kebanyakan orang belajar itu adalah sesuatu yang sakral atau seperti sesuatu yang musti dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Jadi selama ini pun mereka belajar sebenarnya hanya karena tuntutan hidup bukan karena kebutuhan. Semisal jika mau lulus sekolah mesti belajar, jika mau tamat kuliah musti belajar. Jadi jika kuliah telah selesai belajar nya ya selesai juga. Akhirnya jadi lah mereka seperti orang-orang yang sudah merasa cukup dan tidak perlu belajar lagi, kalau istilahnya tinggal nerima gaji saja karena sudah lama belajar.
Jadinya ketika orang tersebut menemui persoalan yang dia rasa sebenarnya bisa menyelesaikannya sewaktu masa-masa dahulu kuliah atau sekolah, tapi kok sekarang soal-soal itu menjadi sulit ya, atau ketika mau mengingat-ingat sesuatu kok susah nya minta ampun, padahal dulu ketika masih kuliah atau sekolah mengingat adalah sesuatu hal yang mudah baginya, ya jawabannya seperti yang sudah saya bahas di atas adalah karena setelah bekerja mereka tidak ada belajar lagi.
bersambung….
READ  Mungkinkah seseorang ahli dalam segala bidang