Pajak Kendaraan Sudah Naik Atau Belum ?

Kemarin sewaktu kira2 dua minggu yang lalu, ada urusan untuk memperpanjang Pajak STNK Motor. Sempat ada keraguan untuk melanjutkan pembayaran STNK Motor dikarenakan Pajak Motor sudah naik 3 x lipat sesuai dengan issue yang beredar saat ini.

Tapi Akhirnya desakan istri mengalahkan segalanya, Pajak STNK tetap harus di perpanjang walaupun dengan harus izin dari kantor untuk mengurus nya. Ya karena untuk pengurusan perpanjangan STNK memang harus dilakukan pada Hari kerja.

Untuk pengurusan STNK ini sebenarnya tidak lah seribet yang difikirkan sebelumnya, maklum sebelumnya untuk pengurusan perpanjangan Pajak STNK Motor ini dilakukan oleh orang tua, jadi belum pernah mengurus sendiri. Karena itu lah saya ingin menguji bagaimana sistem pengurusan perpanjangan Pajak STNK Motor ini bagi orang dengan kategori Level Awam seperti saya, maksudnya belum pernah mengurus Perpanjangan Pajak Sama sekali. Ok MarKiCob..

Berbekal dengan BPKB, STNK Asli, KTP Asli saya datang ke Kantor SamSat Pekanbaru untuk melakukan perpanjangan Pajak STNK Motor Mio Soul Kesayananga saya. Hehe.. Sebenarnya untuk perpanjangan syarat yang di bawa cukup STNK Asli dan KTP Asli atas nama pemilik Motor saja. Tapi maklum, namanya juga belum pernah jadi nya mempersiapkan segala kemungkinan yang ada. Malahan over jadinya.. 😀

Begitu Masuk ke kantor Samsat Pekanbaru yang berada di Jl. Gajah mada, ngambil antrian kemudian menyerahkan STNK dan KTP Asli ke petugas untuk di proses. Setelah itu saya di persilahkan untuk menunggu pemanggilan dari Petugas untuk melakukan pembayaran.

Kalau di hitung-hitung total lama waktu menunggu disana tidak lebih dari 1 Jam, mungkin karena Orang yang melakukan urusan perpanjangan Pajak STNK juga tidak sebanyak hari-hari yang lain, atau memang proses pengurusan perpanjangan Pajak yang sudah bagus sehingga proses nya menjadi lebih cepat. Untuk case ini saya appresiasi sekali dengan petugas. karena urusan saya tidak sampai 1 jam sudah selesai.

READ  That Day is My Day - The Wedding Day

Yang di khawatirkan pun datang juga, berapa ya biaya tagihan yang kena. karena sebelumnya juga sudah pernah check menggunakan website dari Departement xxx tentang estimasi biaya perpanjangan pajak kendaraan bermotor sesuai dengan No Plat yang kita cari. Dan di simulasi tersebut saya dikenakan biaya kurang lebih sekitar Rp. 450.000 Plus Denda- Maklum saya kelupaan untuk memperpanjang tahun kemarin, karena sok sibuk di luar kota. Tapi ketika di SamSat saya dikenakan Biaya Sekitar Rp. 512.000, lebih sekitar 50 an Ribu. Mengenai perbedaan ini juga sudah ditanyakan kepada petugas yang melayani, info dari beliau memang seperti itu, untuk actual Price yang real nya memang dari sistem SamSat, dan Informasi harga yang dilihat pada website Dirjen Pajak di Pekanbaru tersebut hanya estimasi saja.

Saya fikir, karena memang di dalam website Simulasi Dirjen Pajak itu pun juga mengatakan kalau informasi Price yang ditampilkan mereka belum tentu update dengan biaya real ketika melakukan perpanjangan di samsatnya. Well karena saya fikir bedanya nggak terlalu jauh, yah gpp. Pembayaran Pajak dengan biaya sekian tetap saya setujui.


Jadi setelah mengalami sendiri tentang pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua yang tidak sampai mengalami kenaikan 3 x lipat seperti yang di isu isukan oleh kebanyakan di Media Sosial. Saya membuktikan bahwa Biaya Perpanjangan Pajak masih dalam kategori masih Sewajarnya.

Ok, itu dia kisah saya kali ini tentang Cara Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Pekanbaru. Mudah-mudahan ada manfaat bagi rekan-rekan sekalian.


Salam