Berbicara tentang keindahan Alam, mungkin pulau Jawa memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi bagi para penikmat alam. Salah satunya lokasi yang berada di daerah propinsi Jawa Tengah daerah Ungaran. Ternyata disini ada sebuah tempat berenang yang unik dengan nama Umbul Sidomukti.

Apa yang menarik dari tempat yang satu ini ?  rupanya Kolam Renang ini Tertinggi di Asia Tenggara !!

Gimana ? mantep kan.. Ya tentu saja data ini buka main-main, setelah saya cob abaca review sebelum memutuskan untuk berkunjung ke tempat ini, ternyata ada sebuah artikel dari Detik.com yang menyatakan kalau kolam ini merupakan kolam tertinggi di Asia Tenggara

Tentu saja tinggi, karena letaknya yang terletak di daerah pegunungan, yaitu gunung unggaran. Hhe


Jadi tidak ada salahnya jika kamu sekalian yang lagi berpergian ke Semarang, berkunjung ke Lokasi ini. Di jamin pasti nggak akan nyesal..

Ok, sepertinya saya akan coba memberikan sedikit informasi tentang bagaimana pengalaman dan sedikit tips supaya kamu bisa berpergian kesana, apabila kamu sendirian berada di Semarang.

Kebetulan nih, saya lagi ada tugas di Semarang. Lebih tepatnya di daerah Unggaran. Jadi setelah pekerjaan selesai mencoba menyempatkan diri untuk mencicipi keindahan alam yang satu ini. Karen emang sih, dari SMA dulu memang hobbi yang sama pemandangan alam seperti ini. Jadi dari SMA udah ngikutin yang namanya ekstrakurikuler SISPALA .

Wah, jadi agak sedikit flash back kemasa lalu ya.. 😀

Baiklah, berikut beberapa informasi yang bisa saya sampaikan terkait dengan pemandian alam di Umbul Sidomukti Semarang (Unggaran) ini

 

Lokasi Kolam Renang Umbul Sidomukti Ungaran

Mengenai lokasi kolam renang ini, jika kamu sekalian pergi ke semarang menggunakan pesawat dan tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang. Maka, kurang lebih kalau di hitung langsung naik mobil pribadi ke lokasi tujuan kurang lebih bisa mencapai 3 Jam saja.

Jarak bandara ke umbul sidomukti

Jarak bandara ke umbul sidomukti

Tuh, kalau diliat dari Google Map di atas kurang lebih 1 jam 10 menit, tapi saya estimasikan sih bisa mencapai 3 jam. Perjalanan.

READ  Berkenalan Dengan Taman Raya Cibodas Bogor

 

Tempat Penginapan di Sekitar Umbul Sidomukti

Nah, karena kebetulan saya udah ada di unggaran sebelumnya. Jadi perjalanan saya dari penginapan ke atas (Umbul Sidomukti) itu sekitar kurang lebih 50 menit saja.

Disekitar unggaran juga banyak penginapan-penginapan yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat sebelum naik ke atas.

Kalau di atas emang udah ada juga sih penginapan, tapi kalau disana biasanya mahal. Karena itu daerah wisata dan apalagi kalau datang kesana sewatku hari libur.

 

Transportasi Dari Unggaran ke Umbul Sidomukti

Mengenai transportasi, sebenarnya agak susah pergi kesana kalau kamu tidak ada kendaraan pribadi. Untuk sarana transportasi umum pun sebenarnya juga tidak ada yang langsung ke atas.

Tapi transportasi umum yang bisa jadi alternative kamu disana kira-kira seperti ini :

Bagaimana ? Kira-kira dapat di mengerti kah perkiraan transportasi umum di atas ? informasi di atas sebenarnya saya dapatkan dari suatu blog travel yang dimiliki oleh mba xxx pada artikel nya yang disini. Karena sebelum berangkat tentunya saya juga googling mengenai pengalaman atau review orang-orang yang udah pernah kesana

Tapi alhasil rute di atas tidak jadi saya gunakan, karena saya jadinya naik Grab Bike yang sebelumnya udah pernah nganter saya ke penginapan.

Karena bapak itu baik, dan saya memilih dia sebagai orang yang beruntung untuk menami liburan kali ini. Selamat ya pak.. 😀

 

Tempat bermain apa saja yang tersedia di Umbul Sidomukti ?


Mengenai yang satu ini, ternyata di tempat ini tersedia berbagai macam wahana loh. Kemarin sekilas ada terlihat berbagai macam wahana seperti :

  1. Sepeda Gantung
  2. Motor Roda empat (Apalah namanya ini, saya lupa)
  3. Flying Fox
  4. Dll
READ  Menyehatkan Badan di Hapanasan Wisata Air Panas Pasir Pengaraian

Sepertinya ada banyak macam nya lagi untuk wahana permainan yang ada, untuk detailnya bisa di lihat di artikel yang lain sepertinya.

 

Tempat Makan apa saja yang tersedia ??

Tempat makan atau cemilan disini juga ada banyak, di area lokasi ini kamu bisa menemukan beberapa tempat makan yang nggak akan biking kocek kamu bolong

Cafe di umbul sidomukti

Cafe di umbul sidomukti

Setelah saya amati, di dalam wahana ada sekitar 3 tempat makan seperti café yang tersedia. Harganya pun bervariasi untuk makanan yang ada, yang jelas tidak semahal di tempat wisata-wisata yang lain, yang mana biasanya untuk area wisata telah menaikan harganya selangit euy

Tapi tidak di Umbul Sidomukti, tempat makan di sini bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

 

Spot Foto apa saja yang ada di Umbul Sidomukti ?

Mengenai tempat foto, disini cukup banyak spot-spot yang bisa di jadikan kaula muda untuk mengabadikan momen liburannya.

Berikut beberapa spot foto yang bisa kamu gunakan nih sepengamatan yang saya lakukan.

#1. Berfoto di Kolam Renang

#2. Berfoto di Area Kantin

#3. Berfoto di Taman bunga

#4. Berfoto di papan ketinggian.. (Hha, ini namain sendiri sih tempatnya)

#5. Berfoto di wahana bermain (Flying fox, dll)

 

Baiklah, mungkin saya rasa informasi singkat mengenai tempat wisata kolam renang tertinggi di Asia tenggara cukup sampai disini saja.

Bisa jadi kamu memiliki pengalaman yang lebih seru dari saya. :D.. Kalau kamu udah kesini, boleh dong berbagi cerita tentang tempat seru disana juga ya.